Manufaktur tekstil didasarkan pada perubahan dari serat menjadi benang, kemudian menjadi , sampai akhirnya menjadi tekstil. Tekstil itu kemudian dibuat menjadi pakaian atau benda-benda lainnya.

Anavai dapat menyediakan jenis-jenis kain sebagai berikut:

Kain Rayon


Bahan rayon memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun apakah Anda sudah tahu ciri- ciri kain rayon, sehingga ketika Anda ingin membeli bahan kain bertekstur lembut tersebut tidak bingung. Nah, untuk lebih jelas tentang karakteristik dan ciri- ciri kain ini, silahkan simak penjelasan di bawah ini:
• Kain rayon tidak mudah kusut
Karena jenis bahannya yang tidak mudah kusut, hal itu akan memudahkan Anda saat menyetrika. Karena tidak membutuhkan waktu lama, jika terpaksa Anda sedang buru- buru maka bahan kain ini tidak di setrika pun masih pantas untuk di pakai.
• Kain rayon memiliki kilau tinggi.
• Tektur dan permukaan bahannya halus dan juga lembut di kulit saat di pakai.
• Seratnya mengandung unsur bahan kimia yaitu oksigen, hydrogen dan karbon.
• Termasuk jenis kain yang licin, sehingga mirip dengan kain sutra.
• Memiliki daya serap yang tinggi layaknya kain katun.
• Kain ini juga dikenal sebagai salah satu bahan kain yang mudah terbakar, dibandingkan dengan bahan lain seperti bahan katun.
• Retensi bentuk serat kain rayon cenderung sangat rendah sehingga lebih sulit kembali ke bentuk aslinya.

Kain Satin

Kain satin adalah kain yang seringkali digunakan dalam dunia fashion untuk dijadikan salah satu pakaian yang menjadi brand – brand ternama. Kain satin ini juga memiliki keunikan tersendiri. Tekstur permukaan dari kain satin ini sangat halus, lembut dan tampak glossy. Sehingga ketika digunakan dalam bentuk pakaian pun akan terlihat menarik dan nyaman digunakan.
Kelebihan yang ditawarkan oleh kain satin adalah tampilannya. Karena dapat anda ketahui sendiri, bahwa tampilan kain satin ini terlihat mewah dan elegan dari kilauan benang yang digunakannya. Sehingga banyak orang yang berpakaian ke acara resmi dengan menggunakan bahan dasar satin ini, karena akan tampak stylish dan modis.
Tampak dari permukaannya pun, kain satin juga sangat mengkilap. Sehingga dari kejauhan pun “look” nya akan terlihat elegan dan menawan. Tak hanya itu saja, fleksibilitas dari kain satin ini juga sangat teruji. Cocok dan nyaman untuk digunakan sebagai bahan pakaian yang longgar. Akan tetapi, ketika menjahit kain ini harus sangat berhati – hati, karena memiliki serat yang tipis dan lembut.

Kain Wollycrepe

Kain wollycrepe, merupakan jenis kain yang hadir dengan tekstur seperti kulit jeruk. Bahan satu ini, memiliki beragam varian yang cukup banyak.
Wollycrepe merupakan jenis kain crepe yang ada di dengan tekstur lembut dan halus seperti jenis bahan crepe lainnya. Kain ini merupakan jenis kain yang sangat cocok jika dijadikan sebagai bahan jilbab serta gamis syar’i. Kain jenis ini, hadir dengan ketebalan yang cukup serta pas. Selain itu, susunan kainnya juga rapat dan tidak menerawang.
Bahan wollycrepe merupakan jenis bahan kain yang memiliki tekstur kulit jeruk paling halus atau tidak Begitu nampak. Jika dilihat, serat kainnya mirip dengan bahan wolfis, akan tetapi sedikit lebih jelas teksturnya dari kain satu ini manakala diraba cukup halus. Hadir dengan sensasi texture crepe pada permukaan kainnya.Terdapat banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh bahan satu ini. Secara umum, kelebihannya nampak pada ketebalan kainnya yang pas serta memiliki sifat kain yang jatuh alias tidak kaku. Dengan demikian, manakah bahan wollycrepe ini ditujukan sebagai bahan jilbab dan gamis syar’i maka sangatlah pas sekali.

Kain Wolfis

Bahan kain wolfis merupakan salah satu bahan kain yang kerap digunakan sebagai bahan untuk hijab serta gamis syar’i. Sebenarnya, apa saja ciri serta keunggulan dari kain wolfis sebagai gamis syar’i ini? Ternyata cukup banyak sekali. Di antaranya tekstur kainnya yang jatuh, cukup lembut serta tidak membuat gerah dan harganya sangat terjangkau.
Sebagai jenis kain yang cukup terkenal, maka sangat wajar manakala banyak orang yang bertanya apa itu kain wolfis. Hal itu dikarenakan bahan ini sudah lazim dicari orang serta diakui memiliki harga yang cukup terjangkau

Wolfis merupakan jenis kain yang tidak dibuat dari beragam serat campuran, baik dari sutra ataupun katun sebagaimana banyak asumsi yang banyak beredar. Dengan demikian, maka keunggulan bahan wolfis pada dasarnya masih berada di bawah kain katun ataupun kain sutra. Kain wolfis ini adalah jenis kain yang terbuat dari 100% polyester.
Bahan wolfis, atau yang memiliki nama asli wollpeach, adalah bahan kain yang hadir dengan karakteristik yang lembut, halus, tidak bikin gerak serta jatuh.

Kain Maxmara

Kain maxmara adalah jenis kain yang mirip dengan kain satin. Tetapi kain maxmara memiliki tekstur lebih halus dan adem saat di pakai. Kain maxmara sangat nyaman di pakai dan tidak bikin gerah. Kain ini memiliki ciri khusus yaitu bahannya ringan, licin, jatuh dan tidak transparan. Kain tersebut jika di raba permukaannya sangat halus dan jika diperhatikan maka serat kainnya lebih halus dibanding kain satin.
Satu lagi karakteristik kain maxmara yang di sukai oleh banyak orang adalah bahan kain ini berkilau, terkesan lebih doff namun tidak glossy.Jika kita cermati, bahwa kain maxmara ini memiliki serat kain yang lebih baik dibanding kain satin. Oleh karena itu karena bahannya lebih berkualitas, maka harganya juga di atas kain satin.

Kain Ceruti

Kain Ceruti adalah sejenis kain yang mempunyai ciri khusus layaknya Sifon dengan tekstur yang mirip dengan kulit jeruk. Jenis kain ini memiliki berbagai keunggulan di dalamnya sehingga cocok untuk berbagai jenis pakaian. Kain Ceruti pada dasarnya merupakan bentuk turunan dari kain sifon. Sekalipun jenis kain ini mempunyai permukaan yang sangat mirip dengan kulit jeruk dari segi teksturnya, namun ia tetap memberikan kesan halus saat diraba. Dan jika dibandingkan dengan jenis kain sifon, maka kain Ceruti ini lebih halus saat diraba.
Ciri-ciri dari kain Ceruti yang selanjutnya adalah ia tampak seperti serat yang membentuk suatu gelombang layaknya kabut dan awan. Ciri yang kedua ini akan terlihat dengan jelas apabila kain Cerutinya diterawang terlebih dahulu.Ciri selanjutnya yang terdapat pada kain Ceruti adalah ia memiliki massa yang sedikit berar. Jika jenis kain ini dijadikan sebagai gamis atau busana, maka efeknya akan jatuh. Sekalipun demikian, kain Ceruti ini tidak melayang ketika digunakan.

Kain Balotelli

Kain Balotelli adalah sejenis kain yang bahannya cukup tebal dengan tekstur yang sangat khas. Motif atau jenis kainnya membentuk kotak-kotak kecil yang bergaris. Adapun ciri khas yang dimiliki oleh jenis kain ini menjadikannya amat mudah dikenal dan dibedakan dengan jenis kain lainnya.
Karakteristik kain Kain jenis Balotelli yang pertama adalah ia memiliki bahan kain yang cenderung tidak terawang. Hal itu disebabkan karena ia memiliki tekstur yang berserat. Oleh karena itu, untuk dapat memastikan bahwa kain yang bersangkutan adalah jenis Kain jenis Balotelli adalah dengan merasakan teksturnya. Ciri khusus dari kain ini adalah bergaris dengan tekstur yang sedikit kasar.Karakteristik jenis kain Balotelli yang selanjutnya adalah ia tidak melekat ke dalam tubuh saat digunakan. Sehingga, jenis kain ini tidak menampakkan lekuk tubuh jika dipakai. Selain itu, karakteristik lainnya adalah tidak terawang saat dipakai. Bahan ini memang terkesan memenuhi syarat pakaian ala Muslimah kekinian sehingga banyak dipakai untuk membuat gamis.

Kain Katun

Kain katun atau cotton merupakan salah salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan serat kapas. Jenis kain ini kebanyakan digunakan untuk jenis pakaian. Di masyarakat, jenis kain Cotton memang sangat banyak diminati. Adapun serat yang digunakan untuk membuat kain Cotton di sini merupakan serat yang alami, memiliki sifat Hypo Allergenie dan tidak mengandung bahan kimia.
Kain Cotton memiliki serat yang berongga sehingga apabila dijadikan sebagai pakaian, kulit akan mudah bernafas. Jenis kain ini sangat cocok apabila dipakai di kawasan yang beriklim tropis, termasuk Indonesia. hal itu disebabkan karena jenis kain ini memiliki daya serap air yang sangat tinggi dan daya serap keringat yang sangat baik.
Ciri khas dari kain Cotton adalah kemudahannya dalam menyerap keringat dan air. Hal ini disebabkan di dalam kain ini terdapat rongga yang memungkinkan kulit untuk bernafas dengan sangat mudah sehingga keringat tubuh akan terserap dengan baik.

Open chat